Tantangan tersulitku


Beberapa hari ini, baik fisik maupun pikiran cukup terkuras….. hehehe bahasanya sedikit gak karuhan. Pekerjaan kantor walau numpuk tapi masih bisa diatasi sedikit demi sedikit.. Nah, ini urusan IT atau laptop temen yang bermasalah.

Awal ceritanya seperti ini. . Dua hari lalu, si A*** datang kerumah, sore sekitar jam 5-an. si A (nama samaran) minta tolong untuk Upgrade Windowsnya. . ya kebeneran kita ada yang Ori.. hihihihi, Jadi Windows Vista maunya. Berhubung saya mengikuti perkembangan OS sekarang, si A saya sarankan pakai Windows 7 aja. Huufffh dia nolak, dengan alasan tidak cocok untuk Aplikasi yang di pakainya nanti. Maklum anak kantoran juga…. laptop pribadi jadi nampung kerjaan kantor.

Cerita kita belum selesai, baru mulaiii. Malamnya setelah makan malam. Saya baru ready untuk lihat tu laptop….. secara fisik sih oke. laptopnya cukup bermerk + lumayan baru (belum 1 th). Setelah dinyalakan…. OS nya normal tidak ada masalah, antivirus + aplikasi lain berjalan normal-normal aja. Waktu di buka Explorer baru ketahuan penyakitnya………………. Harddisknya FULL alias penuh. sebagai informasi Hddnya berkapasitas 160GB dibagi 4 PARTISI. dan inilah yang akan jadi TANTANGAN aku nanti. 1 Partisi untuk System, 3 Partisi lainnya untuk Data-data.

Karena didapatkan hdd system itu juga kepenuhan dan masih memiliki data. Saya berpikir, ahh lebih baik ditunda dulu, biar yang punya pindahin dulu data yang pentingnya. Saya hubungi si A, iya katanya, besok pagi ia kerumah lihat laptop itu. Pagi tidak datang, siang baru ketemu. singkat cerita…. si A lalu memilih dan mengelompokkan data yang penting dan tidak. Kata saya, data di C ini akan di harus pada waktu Install nanti. Setelah cukup lama…. katanya Selesai. drive C itu sudah kosong, dan laptopnya di matikan dulu. Karena aku juga harus ngantor lagi………… (sibuk.com)

Malamnya saya sudah siap untuk lanjutin upgrade. Snack+Minuman sudah disiapkan…. sambil menunggu acara bola. Laptop di hidupkan, buka Explorer, lihat drive C: Wawwwww….. apa kerjaan tadi siang y. kok tidak ada perubahan. datanya masih utuh dan tetap fulllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllL. Ahhh pikirku pasti datanya sudah di pindahkan ke drive lain / flashdisk.

Lalu mulailah Installl…………….. Selesai kurang dari 1 jamm. acara bola sudah mulai. Suasana yang cocok nian untuk begadang….. hehehe. Ingatkan di cerita awal. Hdd ini memiliki 4 partisi. 1 untuk system, sisanya data. INI masalahnya. setelah Install selesai tanpa hambatan. Aku buka Explorernya ku periksa. ANEEHHHHHH. kok partisinya cuma 2 kemana 2 lagi. Ehhh rupanya E dan F nya hidden atau Unpartitions (tidak ada partisi) hilang begitu sajjaa.

Karena melihat kejadian seperti ini. Lebih baik aku stop dulu acara begadangnya. Besok harus di informasikan dengan si A dulu. Seperti yang kalian kira… pasti iiiaaa terkejut. Bayangkan datanya full berisi data penting belum sempat di backup. hilanggg. waaah kacau deh ceritanya. Lalu aku teringat kan ADA SOFTWARE UNTUK UNFORMAT atau sejenisnya, mungkin datanya masih dapat di recover.

Bersambung ke Part 2 Besok. (karena belum ada cerita. Hddnya sekarang masih di RECOVER, kita tunggu besok)…………..

About Alfik Miza, S.Kom

Saya adalah seorang biasa yang memiliki rasa ingin tau yang cukup tinggi dan mempunyai sifat Kerjasama, Kesabaran, dan jiwa bersahabat untuk terus maju dan berusaha. Lihat semua pos milik Alfik Miza, S.Kom

Comments are disabled.

%d blogger menyukai ini: