Fenomena Pengguna Facebook


Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipungkiri apalagi ditolak. Bagi para pelajar, mahasiswa, pegawai baik negeri ataupun swasta nama internet bukan hal yang tabu karena selama ini mereka bisa mendapatkan berbagai macam informasi apapun yang diinginkan sehingga memacu rasa ingin tau yang lebih jauh tentang segala hal. Tapi banyak juga energi negatif yang timbul gara-gara internet karena tidak ada sekat untuk mengakses apapun, termasuk situs-situs fornografi dan pornoaksi baik dalam ataupun luar negeri.

Facebook, yang saat ini banyak sekali peminatnya menjadi jembatan untuk berinteraksi bersama teman, kerabat, ataupun mencari teman sesuai keinginan. Facebook adalah layanan jejaring sosial yang mengumpulkan orang banyak dalam satu wadah di Internet. Facebook mirip dengan Friendster, namun diakui memiliki banyak kelebihan. Pengguna Facebook mulai dari abg hingga orang tua yang berumur di atas 50 tahun.

Banyak orang mengaku addicted to Facebook. Tapi ternyata bagi yang menggunakan Facebook dapat mengundang bahaya juga. Facebook diakui berguna untuk menemukan teman-teman yang tercecer. Banyak dari para pengguna Facebook yang akhirnya berhasil menemukan teman-teman di masa lalu. Hal ini menambah nilai tambah bagi Facebook. Selain itu fungsi foto dan tagging ternyata disukai banyak orang. Kolom komentar yang disediakan serta notification yang ada membuat para facebooker mengetahui perkembangan
dalam dunia per-facebook-an.

Bagi pengguna facebook, hal pertama yang mereka periksa ketika online internet adalah membuka akun Facebook. Facebook juga telah berhasil memasuki peringkat ke tiga dunia sebagai situs yang banyak dikunjungi. Bahkan Facebook berhasil menggeser senior dunia jejaring sosial, yaitu Friendster. Facebook tidak hanya dikenal atau dipergunakan oleh mahasiswa, atau pegawai saja, tapi semua pelajar mengenal facebook cuma relatif ada yang on line di rumah ada juga di warnet.

Tidak hanya dimanfaatkan untuk mencari teman, Facebook digunakan untuk beriklan serta berkampanye. Misalnya Presiden Amerika Barrack Obama adalah Presiden pertama yang memanfaatkan Facebook untuk kampanye via internet, dan kini banyak capres-capres yang mengekor tindakan Obama tersebut.

Namun dibalik keunggulannya, ternyata Facebook memiliki efek samping.

  • Terbuangnya waktu. Pengguna Facebook enggan terlepas dari komputer, laptop, handphone, dan gadget yang mampu mengakses Facebook. Banyak waktu terbuang di depan komputer. Aturlah waktu Anda. Jangan sampai sia-sia hanya di depan komputer.
  • Hati-hatilah memasang status di Facebook. Karena banyak maslah yang timbul garagara menganggap status itu tidak ada masalah padah sangat merugikan orang lain atau teman
  • Hati-hatilah menaruh foto di Facebook. Yang namanya dunia internet, orang bisa melakukan bermacam-macam hal. Orang bisa meng-edit foto sedemikian rupa yang berbau negatif dan menyebarkannya ke forum atau milis. Hal ini bisa merusak nama yang terlibat. Belum lagi foto dapat memicu keributan. Pasanglah foto di Facebook dengan bijak, karena tidak hanya Anda dan teman Anda saja yang bisa melihat. Semua orang di dunia bisa melihatnya, kecuali Anda men-setting foto Anda menjadi private, sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat foto Anda.
  • Jangan menaruh sembarangan informasi pribadi. Banyak orang tidak menyadari bahaya menaruh informasi di internet. Dengan memberikan informasi tempat bekerja, nomer telepon, hingga alamat rumah, tentu dapat mengundang orang untuk berniat buruk. Bisa saja informasi tersebut dimanfaatkan untuk berbuat tidak baik. Jadi, taruhlah informasi yang umum. Jangan menaruh informasi pribadi di halaman Facebook Anda. Ingatlah bahwa tidak hanya teman Anda saja yang mengakses Facebook. Apabila Anda ingin informasi yang tertera aman dari orang-orang asing, aturlah agar hanya teman-teman Anda yang bisa mengakses Facebook Anda.
  • Diganggu orang tak dikenal. Banyak orang yang tidak berpikir panjang ketika menerima ajakan berteman dalam dunia jejaring sosial. Tanpa disadari, orang yang diterima menjadi teman bisa mengakses informasi yang tertera dalam halaman Facebook. Oleh karena itu jangan sungkan menolak ajakan teman dari orang yang tidak dikenal. Anda berhak menolak.

Saat ini marak informasi yang mencuat baik dari berita di media televisi atau koran, tentang kasus penculikan yang awalnya dari facebook, perselingkuhan suami istri, sampai hal – hal yang tidak terpuji. Walaupun hal ini terlihat sepele, namun dengan banyak kasus bermunculan karena Facebook, tentunya kembali kepada pengguna facebook itu sendiri bagaimana kita bisa menggunakan facebook sebaik mungkin sehingga tidak terjadi pro dan kontra, yang pada intinya bijaksanalah dalam menggunakan facebook.

About Alfik Miza, S.Kom

Saya adalah seorang biasa yang memiliki rasa ingin tau yang cukup tinggi dan mempunyai sifat Kerjasama, Kesabaran, dan jiwa bersahabat untuk terus maju dan berusaha. Lihat semua pos milik Alfik Miza, S.Kom

Comments are disabled.

%d blogger menyukai ini: